Sabtu, 21 Juli 2012

CARA MENGETAHUI UKURAN KAKI UNTUK SEPATU PANJAT


Sebelum membeli sepatu panjat tebing, kita harus mengetahui ukuran kaki yang akan menggunakan sepatu panjat tebing tersebut. Sering terjadi kebingungan dalam menentukan ukuran kaki, apalagi jika ukuran sepatu yang akan dibeli mempunyai standar ukuran tertentu saja (misalnya: Uk size, US size, EUR size dan RUS size). Berikut ini adalah tips untuk menentukan ukuran kaki dan konversi ke masing-masing standar ukuran kaki seperti yang saya jelaskan di atas:
  1. Letakkan selembar kertas pada sudut antara dinding dan lantai.
  2. Letakkan kaki di atas kertas dengan tumit bersentuhan dengan dinding, telapak kaki dalam kondisi terulur dan dalam kondisi relax. Pada langkah ini, gunakan kaos kaki yang biasa digunakan pada saat memakai sepatu untuk mendapatkan ukuran yang lebih akurat.
  3. Letakkan benda keras (seperti buku, sendok, dll) pada posisi tegak lurus diujung jari kaki yang berada pada jarak terjauh dari dinding.
  4. Pindahkan kaki dan tandai tepi benda yang digunakan dengan menggunakan pensil atau pena.
  5. Ukur jarak  antara garis tanda dengan tepi kertas dengan satuan milimeter. Bandingkan ukuran yang didapat dengan ukuran pada tabel ukuran.
Tabel ukuran yang bisa dijadikan sebagai pemabanding dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
 Setelah didapatkan ukuran kaki, untuk mengkonversi dengan standar ukuran UK, US, EUR, dan RUS bisa langsung dilakukan dengan memanfaatkan tabel di atas. Cara di atas juga bisa digunakan untuk menentukan ukuran sepatu tracking atau sepatu sport.
Khusus untuk sepatu panjat tebing, ada beberapa hal lagi yang perlu diperhatikan:
  • Confortable is too large (jika sepatu yang kita gunakan terasa nyaman, berarti sepatu tersebut mempunyai ukuran yang terlalu besar)
  • Painfull is to tight (jika pada saat digunakan sepatu mengakibatkan rasa sakit, berarti terlalu sempit)
  • Unconfortable is perfect (jika pada saat digunakan sepatu terasa tidak nyaman, berarti ukurannya pas)



fahrinclimber.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar